musik

Rabu, 09 Oktober 2013

50 Warga Operasi Katarak Gratis

Rabu, 18 September, 2013 0 Comments
Share on:   Google Plus

Para penderita katarak yang dioperasi gratis di RSUD Gunung Tua, Senin (16/9).
PALUTA – Sebanyak 50 penderita katarak di wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mendapatkan pelayanan operasi mata gratis di ruangan khusus Rumah Sakit Umum Daerah Gunung Tua, Senin (16/9).
Kegiatan tersebut merupakan program berkesinambungan antara Pemkab Paluta dengan Kegiatan Pelayanan Kesehatan Penglihatan dan Pendengaran Di Luar Gedung UPT Kesehatan Indera Masyarakat (UPT KIM) Provinsi Sumatera Utara (Provsu).
Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap melalui Plt Kepala Dinas Kesehatan Paluta dr Irwan melalui Kabid Yankes dr Nelly Dongoran dikonfirmasi melalui petugas program khusus Mata Hj Yusmanidar Agustina Siregar SST, di sela-sela kegiatan menyebutkan, kegiatan operasi katarak gratis ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan screening (Pemeriksaan) bulan Mei 2013 lalu sebagai agenda rutin tahunan. Dimana kegiatan ini diharapkan akan dapat membantu masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan karena katarak.
”Ada 60 orang yang mendaftar untuk mengikuti operasi katarak. Namun hanya 50 orang yang bisa dioperasi,” kata Yusmanidar.
Yusmanidar menambahkan, para peserta operasi katarak gratis tersebut diharuskan menjalani rangkaian tes terlebih dahulu sebelum dioperasi. Setelah menjalani operasi pasien akan beristirahat di aula RSUD di bawah pengawasan dari tim medis.
Selain menggelar operasi katarak, pihak UPT KIM juga menggelar kegiatan screening kepada siswa SD di wilayah Gunung Tua. Juga hadir Kepala UPT KIM dr Kustinah MKes dan Dokter Ahli Mata dari UPT KIM. (phn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar