musik

Rabu, 09 Oktober 2013

KPU Paluta Jadwalkan, Hari Ini Pengumuman Pasangan Calon Terpilih

Rabu, 21 Agustus, 2013 0 Comments
Share on:   Google Plus
PALUTA – Direncanakan sesuai dengan jadwal tahapan pilkada di Kabupaten Paluta, hari ini, Rabu  (21/8), KPU Paluta akan melaksanakan penetapan dan pengumuman pasangan calon terpilih hasil pilkada tahun 2013 yang dilaksanakan 14 Agustus lalu.
“Insya Allah dan tidak ada halangan sesuai dengan jadwal pada tanggal 21 Agustus atau hari ini, KPU Paluta akan melaksanakan penetapan dan pengumuman pasangan calon terpilih hasil pilkada,” kata Komisioner KPU Paluta Ongkusyah Harahap SE, Selasa (20/8).
Dikatakannya, proses rapat pleno nanti sudah disiapkan, diantaranya sudah masuknya seluruh kotak suara dari 9 kecamatan. Undangan juga sudah disampaikan kepada masing-masing kandidat untuk menghadiri rapat tersebut di aula Hotel Mitra. “Dilaksanakan di aula Hotel Mitra Gunung Tua mulai pukul 10.00 WIB.
Hasil rekapitulasi suara tersebut diambil dari 9 PPK. KPU akan menghitung jumlah surat suara yang dihadiri para saksi pasangan calon peserta dan partai pengusung. Agendanya penetapan tetap dilaksanakan dan tak bisa mundur. Jika ada yang mengajukan keberatan,  maka akan berproses melalui MK,” ungkapnya.
Sementara itu Garda Nasdem dan AMPI Paluta siap mengawal sidang pleno KPU penetapan dan pengumuman pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih.
“Kita akan datang dan mengawal pelaksanaan pleno demi suksesnya pleno tersebut,” kata Ketua DPD AMPI Paluta Gusti Putra Hajoran Siregar SE.
Menurutnya, pemilukada Paluta yang digelar sudah berjalan secara sukses. Rakyat telah menyampaikan hak demokrasinya secara langsung tanpa adanya tekanan dari siapapun.
“Tidak boleh terjadi tekanan atau presure dari siapa saja. Bagi siapa yang kalah, silahkan melalui proses MK. Sengketa pemilu tempatnya di sana,” kata Gusti.
Hal yang sama juga disampaikan Ketua Garda Nasdem Paluta yang menghendaki masyarakat berpikir positif. Menurutnya, dalam membangunan rekonstruksi demokrasi,  pemuda harus berada di depan. Dirinya meminta kepada siapa saja harus berpikir positif dan dewasa.
“Jika ada tindakan anarkis diantara pro dan kontra yang dirugikan adalah masyarakat sendiri,” katanya.
Seperti diketahui, sesuai perhitungan suara hasil desk Pilkada, jika diurutkan berdasarkan peringkat, bukan berdasarkan urutan nomor pasangan calon, yang berada di peringkat pertama peraih suara terbanyak yakni pasangan nomor 4 Drs H Bachrum Harahap-H Riskon Hasibuan (BARIS) yang meraih 77.410 suara atau sekitar 64,28 persen, disusul pasangan nomor 2 H Syahrul Harahap-H Sunggul Lelo Siregar (Syah-Unggul) meraih 27.800 suara atau sekitar 23,08 persen. Kemudian pasangan Letkol Sutan Siregar-Ir Zulkipli Rambe (Sutan-Zul) meraih 10.284 suara atau sekitar 8,54 persen.
Selanjutnya pasangan H Raja Aman Hasibuan-H Darwinsyah Harahap (RADAR) meraih 2.909 suara atau sekitar 2,42 persen dan terakhir pasangan independent Ali Muda Rambe SH dan Muhammad Awal Hasibuan (RAMAH) meraih 2.008 suara atau sekitar 1,67 persen. Sementara berdasarkan jadwal, katanya pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2013 nanti.  (phn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar