musik

Rabu, 09 Oktober 2013

Harga Hewan Kurban Naik

Rabu, 9 Oktober, 2013 0 Komentar
Share on:   Google Plus
Dua pemuda pengurus kambing milik Hamzah Harahap, Selasa (8/10).
PALUTA – Sepekan jelang Hari Raya Idul Adha 1434 H, harga hewan kurban di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) naik 20 persen dari hari biasa. Untuk kambing domba naik menjadi Rp1.350.000 yang mana harga biasanya Rp1,2 juta. Sementara sapi harga biasanya Rp8 juta per ekor, naik menjadi Rp8,3 juta  per ekor.
Pantauan disejumlah usaha jual beli hewan, Selasa (8/10), salah satunya di usaha jual beli hewan UD Hamzah Harahap  di Desa Sosopan, Kecamatan Padang Bolak telah mempersiapkan ratusan hewan kurban kambing jenis domba.
Terlihat banyak warga yang datang untuk memesan dan melihat jenis hewan kurban yang akan dibeli dengan cara memesan. Bukan dari daerah Paluta saja, bahkan dari luar daerah seperti dari Kabupaten Tapsel dan Kota Psp telah banyak memesan hewan kurban.

Pemilik UD Hamzah Harahap, Abu Sonnip Harahap mengatakan, harga hewan kurban jenis sapi mengalami kenaikan harga hingga 20 persen. Dikatakannya, untuk harga kambing jenis domba harga naik menjadi Rp1.350.000 yang mana harga biasanya Rp1,2 juta. Artinya per ekor mengalami kenaikan harga Rp150 ribu. Sementara untuk sapi, harganya Rp8 juta per ekornya, naik menjadi Rp8,3 juta  per ekornya. “Untuk hewan kurban sapi dan kambing mengalami kenaikan hingga 20 persen,” ucap Abu Sonnip Harahap.
Menurutnya, faktor penyebab kenaikan harga hewan kurban dikarenakan langkanya hewan kurban pada saat jelang hari raya Idul Adha, sehingga para pengusaha banyak yang mendatangkan hewan kurban dari luar daerah, seperti dari Kota Medan dan sekitarnya.
Sehingga biaya transportasi untuk mengangkat hewan tersebut juga mengalami kenaikan. Namun saat ini, Abu Sonnip Harahap mengaku permintaan pelanggan untuk hewan kurban lumayan tinggi. Sampai hari ini dirinya sudah berhasil menjual 70 hewan kurban kambing jenis domba.
Sementara salah seorang warga, Ahmad Siregar mengaku kenaikan hewan kurban untuk tahun ini lebih mahal bila dibandingkan tahun lalu. Untuk tahun lalu harga hewan kurban kambing jenis domba hanya Rp1,2 juta, saat ini naik Rp 150 ribu per ekornya. Sementara sapi naik Rp300 ribu per ekornya. (phn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar