musik

Rabu, 09 Oktober 2013

Pemkab Paluta Peringati Hari Pangan se-Dunia

Jumat, 23 Agustus, 2013 0 Comments
Share on:   Google Plus
PALUTA – Untuk hidup sehat, aktif, cerdas dan produktif,  setiap individu harus mengkomsumsi aneka ragam pangan secara seimbang, baik berasal dari pangan sumber karbohidrat, protein (nabati maupun hewani) serta vitamin.
Kemudian mineral harus terpenuhi dengan penganekaragaman pangan lokal, maka akan bisa mencukupi gizi masyarakat setiap harinya, karena bahan lokal kita sangat berlimpah.
Demikian disampaikan Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Riskon Hasibuan pada acara Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal dan pameran pangan tradisional, dalam rangka Hari Pangan sedunia ke-33 di Kabupaten Paluta yang diselenggarakan di Lapangan Bawah Pasar Gunung Tua, Kamis (22/8).
“Mari kita sahuti apa yang menjadi program ketahanan pangan dengan melibatkan seluruh komponen yang ada, terutama peran serta dan partisipasi masyarakat dalam upaya mendorong B2SA berbasis sumber daya lokal, sekaligus mendorong penggunaan pangan lokal seperti jagung, ubi kayu, pisang dan lain sebagainya dengan memanfaatkan potensi yang ada, sehingga mandiri pangan khususnya di Kabupaten Paluta dapat kita capai,” kata Riskon.
Sementara Kepala Badan (Kaban) Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan (BP2K) H Abdul Majid Siregar dalam laporannya mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) untuk meningkatkan kualitas hidupnya dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada disekitar rumah atau pekarangan.
Sedangkan sebagai peserta lomba B2SA ini diikuti 9 Kecamatan se-Paluta, yang merupakan para pemenang juara satu dari tingkat Kecamatan masing-masing dan dari peserta lomba ini yang menjadi pemenang pertama akan diutus untuk ikut berlomba pada tingkat provinsi.
“Tema Hari Pangan Se-dunia ke 33 tingkat Kabupaten Paluta kali ini adalah mari mengkonsumsi pangan lokal yang beragam bergizi, seimbang dan aman guna mewujudkan kedaulatan pangan,” sebutnya.
Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Paluta H Sailan Siregar, Plt Sekda Paluta Drs Hailullah Harahap MM, MUI, Muspida Plus, para asisten dan staf ahli di lingkungan Pemkab Paluta, Camat se-Paluta, Ketua PKK dan Dharma Wanita, Ketua KTNA Baginda Harahap, HKTI dan para dewan juri peserta lomba. (phn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar